Putin Bentuk Kementrian Intelijen Seperti Uni Soviet

Russian President Vladimir Putin (C), Defence Minister Sergei Shoigu (L) and Russia's Federal Security Service (FSB) Director Alexander Bortnikov watch events to mark Victory Day in Sevastopol May 9, 2014.  Putin went to Crimea on Friday for the first time since Russia annexed the peninsula from Ukraine in March, a visit that is likely to anger the Ukrainian leadership and upset the West. REUTERS/Maxim Shemetov (UKRAINE - Tags: POLITICS ANNIVERSARY CONFLICT PROFILE MILITARY) - RTR3OGCB

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Koran The Times mengungkapkan tentang keputusan Rusia membentuk Kementrian baru Bagian Intelijen yang mana seluruh badan-badan intelijen dalam negeri dan luar negeri berkumpul di bawah naungannya, yang serupa dengan Badan Intelijen seperti di era Uni Soviet. (Baca: TERANCAM! AS Cegah Kekompakan Eurasia dengan Rusia dan China)

Menurut surat kabar ini, Presiden Rusia Vladimir Putin ingin mengkonsolidasikan kontrol atas badan-badan intelijen dan mengendalikan setiap gelombang oposisi meskipun partai yang dipimpinnya, United Rusia telah memenangkan pemilu parlemen hari senin lalu.

Kementerian Kemananan Negara atau MGB yang baru dibentuk ini bukanlah sebutan baru melainkan mengambil nama badan intelijen yang diciptakan oleh pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin dari tahun 1946 hingga 1953, sebelum pembentukan Komite Keamanan Nasional (KGB). (Baca: Putin: Saya Tidak Akan Tunduk dan Patuh kepada Barat Selamanya)

Lembaga besar yang baru dibentuk ini akan mempersatukan operasi intelijen asing dengan operasi intelijen dalam negeri di bawah satu atap.

Putin pun membantu di KGB selama 16 tahun hingga tahun 1991. Dan koran lokal Komersant mengungkapkan tentang rencana baru ini, yang dikutip dari pernyataan pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya. Diharapkan bersatunya berbagai badan intelijen yang berbeda ini sempurna sebelum pemilihan presiden tahun 2018, yang diharapkan bahwa Presiden Putin mengikuti pemilihan untuk periode keempat masa jabatannya. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment