Raja Bhumibol Tutup Usia, Kerajaan Thailand Tetapkan Masa Berkabung Selama Satu Tahun

raja-bhumibol

Jum’at, 14 Oktober 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, BANGKOK – Keluarga Kerajaan Thailand mengumumkan bahwa Raja Thailand Bhumibol Adulyadej telah meninggal dunia pada usia 88, di hari Kamis (13/10) pada pukul 19.00 waktu setempat.

Raja Bhumibol Adulyadej, yang juga dikenal sebagai Rama IX, meninggal di Bangkok di Rumah Sakit Siriraj di mana ia telah dirawat semenjak 10 Oktober lalu. Ia adalah raja kesembilan dari Dinasti Chakri. Bhumibol lahir pada tahun 1927 di Cambridge, Massachusetts, di mana ayahnya, Pangeran Mahidol Adulyadej sedang belajar di Harvard pada waktu itu.

Pada tanggal 9 Juni 1946, setelah kematian kakaknya, Raja Ananda Mahidol, Bhumibol Adulyadej naik tahta namun secara resmi dinobatkan sebagai Raja Thailand pada 5 Mei 1950.

Pada tahun 1950, Raja Bhumibol Adulyadej menikahi Sirikit Kitiyakara, putri Pangeran Nakkhatra Mangkala Kitiyakara. Pasangan kerajaan ini memiliki empat anak, satu putra dan tiga putri. Putra Mahkota Thailand Maha Vajiralongkorn adalah pewaris takhta.

Bhumibol adalah raja yang paling lama berkuasa di Thailand sekaligus di dunia, dengan pemerintahannya yang berlangsung selama lebih dari 70 tahun. Dalam pidato televisi, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha menyatakan masa berkabung satu tahun dimulai pada hari ini, Jumat (14/10). (voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment