Raja Salman Pecat Menteri Keuangan Setelah Ekonomi Saudi Terpuruk

raja-salman-dan-kebangkrutan-saudi

VOA-ISLAMNEWS.COM, RIYADH – Arab Saudi kembali memcat Menteri Keuangan di tengah langkah-langkah untuk mengatasi masalah krisis ekonomi yang semakin menekan kerajaan. (Baca: “Dekrit” Kebangkrutan Saudi)

Ibrahim Abdulaziz al-Assaf “dicopot dari jabatannya”, membaca dekrit kerajaan oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, yang diterbitkan oleh kantor berita resmi SPA, pada Senin (31/10).

Keputusan ini menyatakan bahwa Assaf yang menjabat sejak tahun 1996, telah digantikan oleh Mohammed Al-Jadaan, kepala Otoritas Pasar Modal yang ditugaskan mengatur pasar saham kerajaan. (Baca: BANGKRUT! Arab Saudi Jual Obligasi Untuk Tutupi Defisit Anggaran)

Langkah ini datang saat Riyadh sedang menghadapi badai krisis ekonomi yang disebabkan oleh defisit anggaran hampir $ 100.000.000.000, yang disebabkan oleh penurunan tajam harga minyak serta meningkatnya pengeluaran militer Riyadh. Sejumlah besar anggaran disalurkan ke kampanye militer melawan Yaman, di mana lebih dari 10.200 orang telah tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (Baca: Laporan AS: Saudi Mendekati Kehancuran Total)

Saudi juga telah dipaksa untuk memperkenalkan serangkaian langkah-langkah penghematan yang mencakup membatalkan beberapa bonus yang ditawarkan kepada karyawan negara dan meningkatnya biaya visa masuk bagi wisatawan asing. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment