Ratusan Peziarah Syiah Meninggal Akibat Ledakan Bom Truk di Baghdad

ledakan-bom-irak

VOA-ISLAMNEWS.COM, BAGHDAD – Sebuah bom mobil dilaporkan telah meledak di selatan ibukota Irak, Baghdad, yang menewaskan sekitar 100 orang, dimana sebagian besarnya adalah para peziarah.

Menurut sumber-sumber keamanan, sebuah truk sarat dengan bahan peledak meledak pada hari Kamis di sebuah pompa bensin di desa Shomali di pinggiran kota al-Hilla, yang terletak 120 kilometer (75 mil) disebelah tenggara ibukota Baghdad dan sekitar 80 kilometer (50 mil) dari Karbala. (Baca: Teror Bom Hantui Ibukota Irak)

Laporan mengatakan sebagian besar korban adalah warga negara Iran.

Insiden ini terjadi pada saat bus yang penuh sesak dengan para peziarah itu diparkir di pom bensin. Para peziarah itu adalah orang-orang yang kembali dari ritual berkabung Arba’een di kota suci Karbala. (Baca: Jihadis Saudi dan Tunisia Tempati Peringkat atas Daftar Pelaku Bom Bunuh Diri)

“Setidaknya tujuh bus dengan peziarah berada di dalam stasiun bensin pada saat itu,” kata seorang letnan kolonel polisi yang tidak disebutkan namanya kepada AFP.

AFP juga mengutip sumber intelijen polisi yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa “Bus-bus itu sarat dengan orang-orang Iran, Bahrain dan Irak. Ambulans dan pertahanan sipil sedang dalam perjalanan mereka ke situs tersebut.” Kelompok teroris Takfiri Daesh mengaku bertanggung jawab atas pemboman mematikan tersebut. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment