Ratusan Warga Sipil Aleppo Berhasil Lolos dari Kepungan Teroris

aleppo-civilians-exit

Senin, 28 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, ALEPPO – Dalam aksi Tentara Arab Suriah (SAA) dalam merebut distrik Hanano di timur laut Aleppo pada hari Sabtu (26/11) kemarin, sekitar 600 warga setempat berhasil melarikan diri dari wilayah yang dikuasai pemberontak.

Meskipun hal serupa dimana beberapa kelompok kecil warga sipil berhasil diselamatkan dalam perjalanan yang sama selama beberapa pekan terakhir, apa yang terjadi kali ini menandai gelombang besar pertama bagi warga sipil untuk mencapai wilayah dibawah kendali pemerintah di Aleppo dengan aman. Pada hari Selasa, 48 warga sipil juga meninggalkan distrik yang dikuasai pemberontak.

Sebelumnya kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa para teroris menggunakan warga sipil Aleppo sebagai perisai manusia, mereka mencegah penduduk setempat mendapat akses ke koridor kemanusiaan yang telah disediakan.

Pengakuan seorang teroris yang tertangkap juga membenarkan pernyataan Kemenhan Rusia ini. Mohammad Faraj Hallaq mengakui bahwa teroris di lingkungan timur Aleppo telah memonopoli persediaan makanan dan mendistribusikannya hanya untuk orang-orang yang bekerja dengan dan tunduk kepada perintah mereka, dan bahwa mereka juga telah memasang bahan peledak di koridor kemanusiaan yang disiapkan pemerintah Suriah bagi warga sipil untuk mencegah mereka meninggalkan Aleppo Timur.

Dalam satu kasus sebelumnya dihari yang sama, seorang tentara Suriah bertemu kembali dengan keluarganya untuk pertama kalinya sejak musim panas 2012. Diperkirakan ada sekitar 40.000 hingga 275.000 warga sipil terjebak di dalam kantong-kantong pemberontak. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment