Rusia Angkat Bicara, Sesalkan Tindakan Turki di Suriah Utara

S lavrov

Kamis, 01 September 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada hari Rabu (31/08) kemarin menyuarakan keprihatinan kepada rekan Turkinya, Mevlut Cavusoglu, atas tindakan Ankara di Suriah utara melalui percakapan telepon. Kementerian Luar Negeri Rusia melaporkan hal ini. (Baca juga: Ketakutan AS Atas Aliansi Baru Turki-Rusia-Iran)

“Pihak Rusia menyatakan keprihatinan atas tindakan Angkatan Bersenjata Turki dan detasemen oposisi yang dikendalikan Ankara- di bagian utara negara itu, atas konsekuensi tindakan mereka untuk proses penyelesaian konflik Suriah,” bunyi laporan dari kementerian tersebut sebagaimana dikutip TASS.

Kementerian itu mengatakan kedua belah pihak”membahas isu-isu topikal mengenai hubungan Rusia-Turki, termasuk kemajuan dalam pelaksanaan perjanjian yang dicapai antara presiden Rusia dan Turki di St. Petersburg pada tanggal 9 Agustus lalu dalam kerangka pemahaman umum kerjasama bilateral yang harus dikembalikan langkah demi langkah”. (Baca juga: Ankara Sebut Turki Teman Paling Setia Rusia)

“Ada pertukaran pendapat tentang situasi di Suriah,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia. “Rusia menyuarakan keprihatinan atas operasi militer yang sedang dilakukan Turki dan kelompok oposisi Suriah dibawah kendali negara itu di bagian utara Suriah serta efeknya pada proses penyelesaian konflik Suriah. Telah disepakati sebelumnya bahwa para ahli akan meneruskan konsultasi untuk tujuan kerjasama dalam melaksanakan resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Suriah. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment