Rusia Tegaskan Tak Putuskan Hubungan dengan Ukraina

1043862034-e1477036463595

Sabtu, 22 Oktober 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Rusia tidak berusaha untuk mengakhiri Perjanjian Persahabatan, Kerjasama dan Kemitraan dengan Ukraina dan bersedia untuk mengembangkan hubungan baik dengan Kiev. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

“Tugas utama pihak Rusia pada saat ini adalah untuk mengambil tindakan yang ditujukan bukan pada pemutusan hubungan bilateral, tetapi pada melestarikannya, menciptakan kondisi untuk menghidupkan kembali perkembangan hubungan yang ramah dan aktif antara kedua bangsa dan negara,” jelas Lavrov dalam sebuah surat kepada deputi Duma sebagaimana dikutip oleh surat kabar Izvestia.

Pada saat yang sama, Sputnik pada Jum’at (21/10) melaporkan bahwa menteri Rusia itu juga menyatakan keprihatinan atas tindakan Kiev yang diarahkan untuk menentang Moskow.

Hubungan antara Rusia dan Ukraina menjadi tegang pada tahun 2014, setelah Krimea memisahkan diri dari Ukraina dan bersatu dengan Rusia sebagai hasil referendum.

Kiev juga menuduh Moskow ikut campur dalam urusan internal dan mendukung milisi di timur Ukraina. Kremlin membantah terlibat dalam krisis Ukraina dan melakukan upaya untuk memfasilitasi penyelesaian damai. (voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment