Sebuah Kartun Gambarkan Pekerja Asing Sebagai Tikus Oleh Surat Kabar Saudi

Rabu, 11 Januari 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, LONDON – Sebuah kartun yang diterbitkan oleh surat kabar Saudi Al-Hayat yang berbasis di London menerima kecaman setelah menggambarkan pekerja asing sebagai tikus.

Gambar itu, dibuat oleh Nasir Khamees. Gambar itu menunjukkan seorang pekerja Saudi mengendarai sepeda roda satu diatas tali, sambil memegang barbel dengan dua bobot besar. Berat pertama diberi label “upah rendah,” dan yang kedua “kurangnya kesempatan kerja,” yang ditulis dalam bahasa Arab. pekerja terlihat kaget dan bingung, melihat tikus hitam besar yang dilabeli dengan tulisan “pekerja asing” sedang mengerat tali tersebut.

Sputnik pada Rabu (11/01) melaporkan bahwa segera setelah publikasi ,kartun tersebut menerima reaksi kecaman dan tuntutan permintaan maaf, karena gambar itu dinilai ofensif dan rasis.

al-hayat
Wartawan Suriah Ghassan Yassin memposting di laman Twitternya untuk menyuarakan penentangannya terhadap kartun tersebut. Ia mencuitkan pertanyaan, “apakah tepat untuk menggambarkan pekerja asing seperti itu?”

Gambar ini juga dikecam oleh Organisasi Nasional Saudi untuk Hak Asasi Manusia, yang menyatakan bahwa Al-Hayat telah menghina martabat manusia dan melanggar prinsip-prinsip konvensi kemanusiaan internasional.

Namun pelukisnya, Khamees, menolak untuk meminta maaf atas kartunnya. “Penonton salahpaham dengan kartun saya. Saya hanya mengacu pada beberapa pekerja asing tertentu, “katanya. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment