Sekjen PBB Minta Turki Hormati Hak Asasi Manusia

ban-kii-moon

VOA-ISLAMNEWS.COM, NEW YORK – Sekjen PBB, Ban Ki-Moon menyerukan otoritas Turki untuk menghormati hak asasi manusia yang sering kali diabaikan oleh otoritas Turki. Ban Ki-Moon mengkritik tajam penangkapan yang dilakukan otoritas Turki terhadap beberapa anggota parlemen Turki serta mengutuk pemboman yang terjadi di Diyarbakir pada jumat (04/11).

Ban Ki-Moon menyatakan keprihatinannya akan besarnya jumlah penangkapan yang terjadi di Turki setelah terjadinya upaya kudeta beberapa waktu silam. (Baca: HRW Kritik Saudi Masuk Dewan HAM PBB)

Sekjen PBB Ban Ki-Moon pada hari jumat (04/11)  mengkritik penangkapan terhadap beberapa anggota parlemen Turki, dan ia meminta otoritas Turki  untuk menghormati hak asasi manusai dan kebebasan berekspresi serta meminta Turki untuk mematuhi kewajiban internasional dalam hal ini, begitu juga dengan pemboman yang terjadi di Diyarbakir, timur Turki, seperti dilansir almayadeen (04/11).

Stefan Dujarric jubir untuk Sekjen PBB mengatakan bahwa Ban Ki-Moon menyatakan keprihatinannya tentang besarnya jumlah penangkapan yang berlangsung di Turki setelah terjadinya upaya kudeta beberapa waktu lalu, termasuk penangkapan anggota parlemen, para pejabat yang terpilih saat terjadi serangan tersebut dan juga segenap pemimpin Partai Demokrat dan anggota-anggota DPR. (Baca: TAK TEGAS.. PBB Hanya Ingatkan Turki Untuk Patuhi Hukum Internasional)

Dujarric juga mengungkapkan keprihatinan Sekjen PBB atas meningkatnya pembatasan akses terhadap media dan wartawan, dan menambahkan bahwa sekjen PBB telah menyerukan kepada otoritas Turki untuk menghormati hak asasi manusia dan prinsip-prinsip universal, termasuk hak berekspresi dan berserikat dalam sebuah fraksi, dengan menjaga peradilan yang independen dan hak untuk mendapatkan pengadilan yang adil, serta kepatuhan penuh terhadap aturan persidangan yang selaras dengan kewajiban internasional. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment