Serangan Virus Ganggu Server Jaringan Komputer Pemerintah Saudi

king-arab-saudi

Jum’at, 02 Desember 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, RIYADH – Para pejabat Saudi mengatakan bahwa jaringan komputer dari instansi dan instalasi negara, termasuk sektor transportasi di negara itu, baru-baru ini terkena serangan virus komputer.

SPA melaporkan bahwa Pusat Keamanan Cyber Nasional Arab Saudi, sebuah divisi dari Kementerian Dalam Negeri Saudi, mengatakan pada hari Kamis (01/12) bahwa serangan itu terjadi pada pertengahan November, tanpa menjelaskan lebih lanjut tentang identitas hacker atau skala kerusakan yang disebabkan. (Baca juga: Kantor Kemenlu Saudi Diretas Pasukan Cyber Yaman)

“Virus berusaha untuk mengganggu server dan menanam perangkat lunak berbahaya dalam sistem komputer kerajaan,” demikian dikatakan Pusat Keamanan.

Serangan, yang tampaknya berasal dari luar negeri itu adalah salah satu dari “beberapa serangan cyber yang sedang berlangsung yang menargetkan otoritas pemerintah,” tambah keterangan tersebut. (Baca juga: Komersialisasi Mekkah, Ambisi Saudi Hancurkan Kota Suci Umat Islam)

Sebelumnya pada hari Rabu, beberapa perusahaan keamanan AS mengatakan bahwa virus komputer versi Shamoon digunakan dua pekan lalu untuk melumpuhkan komputer di Arab Saudi.

Virus itu pernah mempengaruhi puluhan ribu komputer milik perusahaan energi di Timur Tengah pada tahun 2012, termasuk perusahaan minyak Saudi Aramco dan Qatar RasGas Co Ltd

“Mengapa Shamoon tiba-tiba kembali lagi setelah empat tahun tidak diketahui,” kata tim respon keamanan Symantec Corp, menambahkan, “Namun, dengan muatan yang sangat merusak, jelas bahwa penyerang ingin target mereka untuk duduk dan melihat”. (VOAI)
Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment