Serbu Penjara ISIS, Penduduk Mosul Berhasil Bebaskan 45 Tahanan

mosul-e1478320196358

Sabtu, 5 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSUL – Warga kota Mosul, Irak yang masih dikuasai ISIS, telah berhasil menyerbu penjara dan membebaskan puluhan narapidana di tengah operasi militer besar-besaran yang dilakukan oleh pasukan Irak dimana saat ini tentara Irak terus mempererat pengepungan terhadap para militan teror di sekitar kota.

Jaringan televisi satelit berbahasa Arab Irak, al-Sumaria, mengutip sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya melaporkan bahwa warga Mosul pada hari Jum’at (04/11) malam berhasil masuk ke penjara utama kota, yang terletak di bagian timur Mosul, dan membebaskan setidaknya 45 tahanan setelah membunuh semua teroris ISIS yang berjaga penjara. (Baca juga:Pasukan Khusus Irak Merangsek Masuk ke dalam Kota Mosul)

Perkembangan ini datang setelah pasukan militer Irak, didukung oleh pasukan rakyat Hashd al-Shaabi, atau dikenal sebagai Mobilisasi Unit Populer, dan pasukan Peshmerga Kurdi, sudah sangat mendekati benteng terakhir ISIS itu dari hampir semua arah dalam operasi skala penuh yang diluncurkan pada 17 Oktober lalu guna membebaskan kota. (Baca juga:Tentara Irak Bebaskan 150 Desa di Sekitar Mosul yang Dikuasai ISIS)

Pasukan Irak berhasil masuk batas kota Mosul awal pekan ini untuk pertama kalinya sejak Juni 2014, saat ISIS memulai kampanye terornya di utara dan barat Irak. Sejauh ini, sejumlah besar desa kota dan distrik telah dibersihkan dari teroris. Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi telah bersumpah bahwa kota terbesar kedua di negara itu akan direbut kembali sepenuhnya pada akhir tahun. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment