Sergei Riyabkov : Rusia Targetkan Lebih Banyak Pusat-pusat Teroris di Suriah

13921129000193_photoi.jpg

Sabtu, 24 September 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Riyabkov menggarisbawahi bahwa Angkatan Udara negaranya siap untuk menargetkan lebih banyak pusat-pusat teroris, termasuk mereka dari Ahrar al-Sham dan Jeish al-Islam.

“Mengakhiri krisis Suriah melalui diplomasi adalah prioritas pertama dari Rusia,” kata Riyabkov, “Tapi kami percaya bahwa Jeish al-Islam dan Ahrar al-Sham telah bergabung dengan kelompok-kelompok teroris lain,” jelasnya sebagaimana dikutip FNA, Jum’at (23/09).

Ia menambahkan bahwa (selain diplomasi), menyerang posisi Jeish al-Islam dan Ahrar al-Sham dengan pesawat tempur Rusia juga bisa menjadi pilihan kampanye anti-terorisme Rusia di Suriah.

Sementara itu sebelumnya pada hari Senin, Kepala Staf Jenderal Direktorat Operasional Utama Rusia, Letjen Sergei Rudskoi mengatakan bahwa baik Rusia maupun pasukan Suriah tidak terkait dalam dugaan serangan udara pekan lalu di Suriah.

Rossiya Segodnya sebelumnya melaporkan pada hari Minggu bahwa Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan pemerintah Suriah telah membom militan yang didukung AS di negara itu dan menuntut agar Rusia menghentikan pelanggaran gencatan senjata 9 September itu.

“Saya merasa kami harus menanggapi tuduhan tak berdasar Sekretaris Negara John Kerry mengenai ‘sembarangan bom’ oleh angkatan udara Suriah. Baik angkatan udara Rusia maupun Suriah tidak melakukan serangan udara dalam seminggu terakhir terhadap daerah yang diidentifikasi dalam perjanjian Jenewa,” tegas Letjen Rudskoi.

Rudskoi menambahkan tidak ada gunanya secara sepihak mematuhi gencatan senjata rezim bagi pemerintah Suriah jika gencatan senjata itu terus dilanggar oleh kelompok militan.

“Mengingat fakta bahwa militan tidak mematuhi gencatan senjata rezim, kami percaya bahwa tidak ada gunanya juga gencatan senjata dilaksanakan oleh pasukan pemerintah Suriah,” kata Letnan Jenderal Sergei Rudskoi dalam konferensi persnya.(VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment