Setelah 4 Tahun Tutup Akibat Perang, Bandara Aleppo Kini Beroperasi Kembali

pesawat-delegasi-jurnalis-mendarat-pertama-kali-di-bandara-aleppo
Selasa, 10 Januari 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, ALEPPO – Televisi Suriah SAT TV melaporkan pesawat-pesawat komersial sudah bisa menggunakan bandara Aleppo, setelah bandara ini dinyatakan telah bersih dari ranjau atau peledak improvisasi serta dijamin keamanannya. Perbaikan terminal kedatangan dan keberangkatan telah mencapai tahap akhir, dan penerbangan pesawat penumpang yang tiba pada hari Sabtu lalu, adalah tahap uji coba. (Baca: Video, Mantan Amir Ungkap Kekalahan Kelompok bersenjata di Aleppo)

Sumber-sumber pemerintahan mengatakan bandara Aleppo merupakan bandara terbesar kedua di Suriah, dan akan dibuka kembali untuk publik pada bulan Februari mendatang, dengan catatan situasi keamanan dan wilayah tersebut benar-benar aman untuk penerbangan.

Televisi pemerintah Suriah mengatakan bahwa pesawat ini datang dari Damaskus, dengan membawa delegasi Jurnalis ke Aleppo.

Di sisi lain, media pemerintah melaporkan bahwa pemerintah Suriah telah menjadwalkan pada hari Sabtu, untuk memulai program pelaksanaan pemulihan layanan publik, produktivitas industri dan keamanan di kota Aleppo, yang hancur akibat perang, sebagaimana yang dikutip oleh “AFP.”

Dewan Menteri Suriah mengumumkan bahwa akan menyediakan pasokan listrik, air dan bahan bakar, serta merekonstruksi bangunan yang membutuhkan pembukaan jalan-jalan, sehingga warga dapat kembali pada kehidupan mereka yang normal. (Baca: Pawai Akbar Rakyat Aleppo Rayakan Kemenangan dan Bawa Gambar Assad)

Kabinet juga menyetujui rencana yang diajukan oleh Departemen Pendidikan untuk pemeliharaan dan rehabilitasi 50 sekolah di bagian timur Aleppo selama enam bulan. Pemerintah berniat merehabilitasi 100 sekolah pada tahun ajaran berikutnya.

Program kerja juga mencakup rehabilitasi lima pusat kesehatan dan rumah sakit, serta rehabilitas bandara internasional Aleppo dan perbaikan18 km jalur kereta. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment