Sistem Rudal Sam-5/S-200 yang ‘Digunakan’ Untuk jatuhkan Pesawat Tempur Israel

almaz

Kamis, 15 September 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, SURIAH – Media “I’lam al-Harbi” di Suriah, mempubikasikan spesifikasi sistem pertahanan udara Rusia Sam-5/S-200, yang kemungkinan digunakan pasukan Suriah untuk menjatuhkan pesawat tempur dan pesawat mata-mata Israel di wilayah selatan Quneitra dan pedesaan Damaskus.

Menurut I’lam al-Harbi yang dikutip Sputnik, Sistem rudal Sam-5/S-200 termasuk kategori sistem pertahanan udara Rusia jarak jauh, sistem ini memiliki jangkauan ketinggian jarak menengah hingga jarak tinggi dan dirancang untuk basis pertahanan kawasan yang luas untuk melawan serangan pembom dan pesawat strategis lainnya, dan sistem ini disediakan untuk tentara Arab Suriah.

Kantor berita Sputnik juga mengatakan setiap sistem Sam-5 terdiri dari 6 rudal dan radar pengendali serangan yang dapat dijangkau stasiun radar jarak jauh.

Spesifikasi teknis dari sistem rudal ini sesuai yang ditulis Sputnik, yaitu memiliki tinggi 10 meter, berdiameter 100 cm dengan panjang penluncur tanpa rudalnya 80 cm, lebar maksimum rongga atas dan ujungnya adalah 165 cm.

Adapun beratnya ketika diluncurkan kurang lebih 10.000 kg, hulu ledaknya sangat eksplosif dengan beberapa rudal pada peluncur, 1 rudal ada pada bagian peluncur statis, dengan metode routing nirkabel pada tahap pertama dan kemudian diarahkan oleh radar positif.

Adapun media peluncurnya melalui penggerak yang memiliki 3 tahap gerakan. Adapun kecepatan maksimum sistem rudal ini; 3,5 mac, sedangkan jangkauan maksimun; 300 km, jarak terdekat; 80 km dan ketinggian maksimum; 29 km. [VOAI]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment