Surat Terbuka Suriah untuk PBB: Dukung Turki Berarti Dukung Terorisme

c69f18e3-fa33-44db-ae94-239c31d80bf5.jpg

Selasa, 30 Agustus 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, DAMASKUS – Dalam sebuah surat terbuka yang dikirim ke Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Dewan Keamanan PBB pada hari Senin, Kementerian Luar Negeri Suriah menyatakan bahwa setiap negara yang mendukung rezim Turki dalam kenyataannya adalah juga mendukung terorisme.

“Dukungan terus-menerus yang diberikan Perancis, Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi dan Qatar untuk rezim Turki adalah dukungan yang jelas untuk terorisme, tidak hanya di Suriah tetapi di semua negara di dunia,” bunyi surat itu. (Baca juga: Erdogan: Turki Akan Habisi Kurdi di Suriah)

” Pemerintah Suriah menyeru dewan keamanan PBB untuk memikul tanggung jawab dalam melestarikan perdamaian dan keamanan internasional, dan untuk menyeru Turki agar segera menarik diri dari wilayah Suriah, serta menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Suriah,” tambah surat itu.

Surat ini juga menekankan bahwa satu-satunya cara untuk melawan terorisme di Suriah adalah hanya melalui upaya koordinasi dengan Damaskus. (Baca juga: Biden Temui Erdogan, Turki Menyerang Suriah, Bisnis Berjalan Seperti Biasa)

“Pemerintah Republik Arab Suriah mengutuk, dengan istilah yang paling kuat, atas diulangnya kejahatan, pelanggaran, agresi dan pembantaian yang dilakukan oleh rezim Ankara terhadap rakyat Suriah, kedaulatan dan keutuhan wilayah Republik Arab Suriah,” tegas surat itu.

Turki pekan lalu meluncurkan operasi Perisai Efrat dengan alasan bertujuan mengusir ISIS dan YPG dari perbatasannya dengan Suriah di sebelah barat sungai Efrat.

Di masa lalu Turkey melakukan perdagangan lintas batas yang menguntungkan dengan ISIS yang menjarah minyak Suriah sebelum intervensi Rusia di Suriah mengekspose hal ini. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment