Tembakan Artileri Turki ke Suriah Tewaskan 35 Warga Sipil dan Melukai 75 Lainnya

052a685a-e4a6-4fa1-8434-c988163a.jpg

Senin, 29 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, SURIAH – Setidaknya 35 warga sipil dilaporkan tewas dan 75 lainnya luka-luka setelah tembakan artileri dan serangan udara Turki di Suriah utara.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan sedikitnya 20 warga sipil tewas dan 50 luka-luka pada hari Minggu setelah serangan Turki ke Jubb al-Kusa, sebuah desa di selatan kota Jarablus di provinsi Aleppo.

Selain itu, empat militan lokal tewas dalam pemboman Turki, observatorium yang berbasis di Inggris menambahkan.

Laporan lebih lanjut menyatakan 15 warga sipil tewas dan 25 lainnya luka-luka serius dalam serangan udara Turki di dekat kota Amarneh, selatan Jarablus.

Amarneh menyaksikan bentrokan sengit antara pasukan Turki yang didukung militan Suriah dan pasukan pro-Kurdi pada hari Sabtu.

Pada tanggal 24 Agustus, pasukan khusus, tank dan pesawat tempur Turki serta dukungan dari koalisi pimpinan AS melancarkan serangan terkoordinasi pertama mereka di Suriah. Pemerintah Damaskus mengutuk intervensi sebagai pelanggaran kedaulatan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan operasi ini ditujukan untuk “kelompok teror” seperti ISIS dan Uni Partai Demokrat (PYD) – sebuah kelompok Kurdi yang didukung AS yang berbasis di Suriah.

Beberapa jam setelah operasi, militan yang didukung Turki mengambil alih Jarablus, dan Erdogan mengatakan bahwa mereka telah mengambil alih “pemerintah dan rumah dinas” dan memaksa ISIS keluar dari kota. [VOAI]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment