Teroris ISIS Culik 295 Pasukan Keamanan Irak Dekat Mosul

teroris-isis-irak

Rabu, 09 November 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, JENEWA – Teroris ISIS telah menculik 295 mantan anggota Pasukan Keamanan Irak dekat kota Mosul, PBB mengatakan setelah kelompok teroris Takfiri menderita kemunduran besar di Mosul akibat dari kemajuan pesat operasi pasukan Irak.

Ravina Shamdasani, juru bicara untuk Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), merilis angka tersebut pada briefing PBB di kota Swiss Jenewa pada hari Selasa (8/11).

Sekitar 100 mantan perwira diculik dari desa Mawaly di barat Mosul pada 3 November, dan 195 lebih diculik dari desa-desa di distrik Tal Afar pada 4 November, kata Shamdasani.

Dia lebih lanjut mengatakan ISIS telah memaksa 1.500 keluarga untuk ikut mundur bersama mereka dari selatan kota Mosul, Hammam al-Alil yang baru-baru ini dibebaskan oleh pasukan Irak.

“Orang-orang secara paksa dipindahkan atau diculik untuk digunakan sebagai perisai manusia,” kata pejabat itu, dan menambahkan, “nasib warga sipil ini tidak diketahui hingga saat ini.”

Operasi telah memasuki minggu keempat dan pasukan Irak sejauh ini, telah membuat keuntungan besar dalam melawan ekstrimis.

Sementara itu, Shamdasani juga mengatakan bahwa PBB memiliki informasi setidaknya 30 syekh diculik dari Sinjar pada awal November dan badan dunia itu berusaha untuk memverifikasi apakah 18 sandera tewas di Tal Afar atau belom.

Warga Mosul telah berulang kali memperingatkan bahwa ISIS secara paksa mengumpulkan warga sipil untuk digunakan sebagai perisai manusia terhadap pasukan Irak.

Pada hari Senin, pasukan pemerintah Irak menggali kuburan massal yang berisi 100 kerangka mayat yang dipenggal dekat perguruan tinggi pertanian Hammam al-Alil.

Shamdasani mengatakan bahwa penemuan kebetulan berada di perguruan tinggi yang sama, di mana PBB melaporkan pelaksanaan 50 petugas polisi bulan lalu. (voai)
Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment