UNHCR: Iran Negara Terbaik Dalam Pelayanan Terhadap Pengungsi

Selasa, 21 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, NEW YORK – Komisi Tinggi Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) menyatakan Iran sebagai negara paling ramah terhadap pengungsi.

“Kepemimpinan yang ditunjukkan pemerintah Iran menjadi contoh dalam menerima pengungsi dan membiarkan perbatasan mereka terbuka. Ini adalah kisah yang tidak diceritakan secara menyeluruh,” kata ketua tim UNHCR, Sivanka Dhanapala, di Teheran.

Iran melindungi sekitar sejuta pengungsi yang terdaftar sebagai warga negara Afganistan selama hampir empat dekade. Lembaga swadaya masyarakat memperkirakan ada dua juta pengungsi lain yang tinggal di Iran. “Ini adalah jumlah pengungsi keempat paling banyak di dunia,” ujar UNHCR.

Memberikan tempat kepada pengungsi, Iran malah menjadi sasaran larangan perjalanan ke Amerika Serikat oleh Presiden Donald Trump.

Pekerja LSM asing menyatakan larangan terhadap Iran merupakan sesuatu yang sangat tidak masuk akal. Iran telah menjadi rumah bagi pengungsi yang melarikan diri dari negara yang dilanda konflik akibat campur tangan Amerika Serikat.

Dhanapala mengacu petunjuk pada 2015 yang dikeluarkan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, yang mengarahkan sekolah menerima semua siswa Afganistan, tanpa terkecuali. Mengikuti petunjuk itu, pemerintah terpaksa menambah 15 ribu kelas baru.

Banyak warga Afganistan berada di Iran untuk bekerja dan merupakan pemandangan yang biasa terjadi di pinggiran Teheran ketika mendapati pengungsi menjadi buruh bangunan, tukang parkir, serta pemungut sampah. [Voai]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment