UNICEF: 50% dari Pengungsi Mosul adalah Anak-anak

pengungsi_mosul.jpg

Senin, 24 Oktober 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, BAGHDAD – Dana Darurat Anak-Anak PBB (UNICEF) memperingatkan bahwa setengah dari pengungsi Mosul diharapkan untuk melarikan diri saat ofensif mencapai kota adalah anak-anak.

“PBB memperkirakan bahwa antara 1,2 bagi 1,5 juta orang mungkin akan terpengaruh oleh situasi saat ini di Mosul. UNICEF memperkirakan bahwa setidaknya 50 persen dari orang-orang ini adalah anak-anak,” kata direktur UNICEF untuk Timur Tengah, Geert Cappelaere. (Baca juga: Ketika Anak-anak Mosul Ceritakan Kekejaman ISIS)

Sejak serangan dimulai pekan lalu, sekitar 5.640 orang telah meninggalkan kota tersebut.

“Anak-anak ini selama lebih dari dua tahun telah menyaksikan banyak kekejaman, kondisi hidup yang ekstrim dan kami ingin berada di sana bagi mereka untuk memberi mereka dukungan psiko-sosial, membantu mereka untuk kembali hidup normal sebagai anak-anak,” tambahnya.

Menurut badan pengungsi PBB (UNHCR), Sejauh ini, sekitar 900 keluarga, sekitar 5.400 orang, telah diterima di kamp-kamp pengungsi di luar zona konflik. (Baca juga: Baghdadi Kabur Tinggalkan Istri Tertangkap di Mosul)

Selama seminggu terakhir, tentara Irak yang didukung oleh pasukan relawan dan Pashmerga, telah terlibat dalam serangan militer besar-besaran untuk membersihkan Mosul dari teroris Daesh/ISIS. Mosul jatuh ke tangan Daesh pada tahun 2014, ketika kelompok teror mulai melanda negeri.

Ofensif Mosul melibatkan lebih dari 25.000 pasukan darat Irak. Hal ini diharapkan bisa mendorong Daesh keluar dari kota, yang menjadi tuan rumah lebih dari satu juta warga sipil. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment