Usut Penggunaan Senjata Kimia, Rusia Dorong OPCW Kirim Tim Ahli ke Aleppo

opcw

Sabtu, 12 November 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW –  Rusia melalui Kementerian Pertahanannya telah meminta Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) agar mengirim beberapa spesialisnya Aleppo, di mana militan sebelumnya menggunakan senjata kimia. Hal ini disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov pada konferensi pers di Moskow.

“Kami meminta pimpinan OPCW untuk mempertimbangkan kemungkinan segera mengirim ahli misi pencari fakta OPCW ke Aleppo kuartal 1070,” katanya sebagaimana dikutip TASS, Jum’at (11/11). (Baca juga: Ahli Senjata Kimia Rusia Tiba di Aleppo Untuk Mengambil Sempel)

Konashenkov berjanji bahwa pusat Rusia untuk rekonsiliasi di Suriah akan menjamin para ahli dari OPCW dan spesialis Rusia akan menikmati kondisi yang tepat untuk memeriksa daerah di mana teroris menggunakan senjata kimia.

“Semua hasil tes, sampel tanah dan fragmen persenjataan yang membuktikan adanya penggunaan senjata kimia di Aleppo oleh militan akan diserahkan kepada OPCW sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” kata Konashenkov. (Baca juga: Senjata Kimia di Suriah, Bagaimana Propaganda Perang Disebar)

Sebelumnya, petugas Rusia dari pusat radiasi, kimia dan perlindungan biologis dari angkatan bersenjata Rusia telah melakukan pengintaian di wilayah kuartal 1070 (bagian barat daya Aleppo) untuk mengumpulkan bukti-bukti bahwa teroris telah menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil dan tentara Suriah. Peluru artileri yang tidak meledak terbukti mengandung zat beracun. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment