Virus Zika ! AS Umumkan Travel Warning ke 11 Negara Asia Tenggara

virus

Jum’at, 30 September 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, WASHINGTON DC – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (US Centers for Disease Control and Prevention/US CDCP) mengumumkan bahwa warga AS harus mempertimbangkan untuk menunda perjalanan mereka ke 11 negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia, karena berrisiko tertular virus Zika.

Wabah Zika ini sebenarnya dimulai di Brasil pada musim semi 2015. Virus ini ditularkan oleh spesies nyamuk Aedes yang terinfeksi dan tidak menghasilkan efek yang terlihat pada orang dewasa, namun, penyakit ini dapat menyebabkan cacat otak parah pada bayi yang belum lahir.

“CDC sekarang merekomendasikan bahwa wanita hamil harus mempertimbangkan untuk menunda perjalanan yang tidak penting ke negara-negara tersebut karena risiko terkena infeksi virus Zika,” kata pernyataan itu, sebagaimana dikutip Sputnik, Jum’at (30/09).

Menurut klasifikasi badan tersebut, ke-11 negara itu adalah Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan satu negara non-ASEAN yakni Maladewa.

“Tingkat risiko untuk infeksi virus Zika di negara-negara ini tidak diketahui, tetapi kemungkinan lebih rendah (namun tidak nol) daripada di daerah di mana Zika baru saja diperkenalkan dan menyebar secara luas,” kata pernyataan itu. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment