Zona De-Eskalasi di Suriah Situasinya Stabil

Senin, 08 Mei 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, DAMASKUS – Pada hari Minggu pusat rekonsiliasi Suriah di Rusia mengatakan bahwa situasi di wilayah Suriah, di mana memorandum tentang pembentukan zona de-eskalasi mulai berlaku,  stabil.

Perang Suriah telah berkecamuk selama enam tahun, dengan pasukan pemerintah melawan kelompok pemberontak dukungan asing yang berusaha untuk menggulingkan Presiden Bashar Assad, dan banyak kelompok ekstremis dan teroris seperti Daesh dan Jabhat Fatah al-Sham. Rusia, Turki dan Iran adalah penjamin rezim gencatan senjata Suriah yang mulai berlaku pada tanggal 30 Desember 2016.

“Semua pihak yang bertentangan menilai situasi di daerah di mana memorandum tentang zona aman Suriah terbentuk sebagai stabil,” kata pusat rekonsiliasi Rusia dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip Sputnik, Minggu (07/05).

Pada hari Kamis, Rusia, Turki dan Iran menandatangani memorandum tentang pembentukan empat zona aman di negara Arab tersebut sebagai bagian dari perundingan Astana mengenai pemukiman Suriah. Menurut memorandum tersebut, tidak boleh ada bentrokan antara pasukan pemerintah dan kelompok bersenjata di zona tersebut mulai dari tanggal 6 Mei. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment